Home / Berita Populer / Bersama Kami, ABP-PTSI Tingkatkan Kualitas PTS Indonesia

Bersama Kami, ABP-PTSI Tingkatkan Kualitas PTS Indonesia

SEMARANG – “Di 2017 ini ada 9 PTS yang masuk ke akreditasi A. Untuk itu, ini harus didampingi. Saya tidak ingin dampingi BAN-PTnya, tapi saya dampingi Perguruan Tingginya,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir.

Hal itu dikatakan Nasir saat menjadi pembicara dalam Rakernas Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) 2017 dengan tema Revitalisasi & Redinamisasi Organisasi ABP-PTSI, di Hotel Semesta, Sabtu (18/3).

Menurutnya Kopertis ikut bertanggung jawab agar PTS beranjak akreditasinya dari akreditasi C ke akreditasi A. “Dampingi Perguruan Tingginya, jadi BAN-PT pun akan berikan akreditasi yang bagus. Untuk perubahan Kopertis ke LLPT di tahun 2017 ini harus terealisasi, karena sudah dikoordinasikan dengan MenPAN dan RB,” tambah Nasir.

Kesesuaian lulusan dengan bidang pekerjaan juga menjadi fokus Kementerian. “Kalau bisa lulusan itu sesuai dengan bidang pendidikannya. Jangan sampai salah bidang, misal Insinyur jadi politisi, padahal kebutuhan Insinyur masih banyak, jangan sampai lah seperti itu di masa depan,” tutur Nasir.

Untuk beasiswa, Nasir meminta Perguruan Tinggi yang sudah akreditasi A, tidak boleh menolak bidikmisi. “Kualitasnya sudah bagus kok tidak mau, harus mau menerima bidikmisi,” tegasnya.

Apresiasi juga diberikan Nasir kepada PTS yang sudah punya akreditasi internasional. Karena menurutnya PTN pun belum tentu punya akreditasi internasional.

“Contoh Binus, salut dengan Binus yang sudah memiliki akreditasi internasional di bidang keteknikan,” ungkapnya.

Terkait peningkatan publikasi, untuk tingkat Lektor Kepala, apabila berhasil melakukan publikasi internasional, direncanakan insentif akan diberikan oleh Kementerian.

“Tapi ini masih didiskusikan dahulu lho ya, supaya jelas nanti bentuknya seperti apa, jumlahnya berapa, kan kalau Guru Besar sudah jelas seperti apa, ini untuk Lektor Kepala agar lebih jelas dan semangat,” ungkap Nasir.

Kedepan Nasir berharap, peran ABP-PTSI juga mohon ditingkatkan lagi, bila ada PTS yang berkonflik, ABP-PTSI diharapkan menjadi mediator. Nasir juga meminta apabila ada PTS yang jual beli ijazah langsung ditindaklanjuti juga oleh ABP-PTSI.

“Kami tidak apriori dari masukan yang baik mengenai pengembangan Pendidikan Tinggi. Selama ini kerja sama dengan ABP-PTSI sudah bagus. Mudah-mudahan kedepan kita lebih baik, mari kita bersama-sama tingkatkan kualitas Perguruan Tinggi,” pungkas Nasir yang diamini oleh Ketua Umum ABP-PTSI Thomas Suyatno. (DZI)

link sumber

X