Home / Berita Populer / Indonesia-Jepang Perkuat Kerja Sama bidang Riset dan Iptek Melalui Kunjungan Council for Science, Technology and Innovation (CSTI)

Indonesia-Jepang Perkuat Kerja Sama bidang Riset dan Iptek Melalui Kunjungan Council for Science, Technology and Innovation (CSTI)

JAKARTA – Delegasi Jepang dari Council for Science, Technology and Innovation (CSTI) melakukan kunjungan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dipimpin oleh Dr. Kazuo Kyuma, Executive Member of the Council for Science, Technology and Innovation bersama-sama dengan delapan (8) orang delegasi lainnya yang berasal dari Cabinet Office; Institute of Technology, Shimizu Corporation; Japan Science and Technology Agency; University of Technology, School of Economics & Management; dan Yokohama National University.

Kunjungan tersebut disambut oleh Prof. Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Dr. Jumain Appe, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Ibu Nada Darmiyanti Marsudi, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Dr. Ophirtus Sumule, Direktur Sistem Inovasi dan Bapak Santoso Yudo Warsono, Direktur Inovasi Industri.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Prof. Na’im yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan delegasi ke Indonesia. “Kerja sama antara Indonesia dan Jepang di bidang sains, teknologi dan pendidikan tinggi diantaranya adalah berupa investasi Jepang pada bidang pendidikan tinggi dan pendanaan riset,” imbuhnya. Dr. Appe selanjutnya menjelaskan tentang berbagai program kerja sama yang telah terjalin antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang. Beberapa program kerja sama tersebut seperti Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS) telah menghasilkan enam belas (16) proposal kolaborasi kerja sama antara peneliti Indonesia dengan Jepang. Lebih lanjut, Dr. Appe menyampaikan pentingnya kualitas sumber daya manusia dan peran iptek dalam peningkatan profesionalitas dari sumber daya yang dimiliki. Kedua hal di atas dapat dicapai salah satunya dengan kerja sama dengan negara mitra terutama dalam bidang pendidikan tinggi, dengan bidang iptek yang turut memiliki potensi yang besar seperti kerja sama pada sektor ICT dan energi.

Berbagai K/L yang ada di kedua negara juga sudah banyak yang terlibat aktif dalam berbagai program kerja sama seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada sektor geo-engineering dan bio-technology.

Dr. Kazuo Kyuma, mewakil CSTI menyampaikan apresiasi kepada Kemenristekdikti sehubungan dengan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dengan Pemerintah Jepang, terutama dalam bidang iptek. Kyuma menyebutkan pentingnya pengembangan pada bidang iptek dalam mendukung pertumbuhan sektor ekonomi di suatu negara. Dukungan pemerintah Jepang terhadap bidang iptek sangat besar. Diantaranya adalah dukungan implementasi the 5th basic plan dengan inovasi teknologi dalam jangka waktu lima (5) tahun ke depan yang sudah dimulai dari bulan April tahun 2016. Bersama kunjungan ini, Kyuma menyampaikan potensi kolaborasi dengan Indonesia dalam bidang-bidang yang dibutuhkan oleh kedua negara melalui Cross-Ministerial Strategic Innovation Promotion Program (SIP) yang memiliki sebelas (11) program.

Proyek ini seluruh dana akan dikeluarkan Pemerintah, dengan tetap menghimbau keterlibatan pihak industri untuk dapat berkontribusi lebih besar. Kontribusi yang dilakukan tidak hanya dapat dilakukan melaui dana namun juga bisa melalui sumber daya manusia yang terlibat.

Pertemuan ini selanjutnya diakhiri dengan kegiatan foto bersama antara delegasi Jepang dengan perwakilan dari Kemenristekdikti.

Link sumber

X